banner

ads header

Terbaru

Tips Traveling Menggunakan Mobil Saat Pandemi


Seiring dengan dibukanya destinasi wisata di Indonesia, mendorong traveler untuk kembali berlibur. Opsi traveling menggunakan mobil pun banyak dipilih.
Dikutip dari CNBC, traveling menggunakan mobil ternyata lebih aman daripada moda transportasi lain di saat pandemi Corona ini. Hal itu diungkapkan profesor Departemen Epidemiologi Milken Institute School of Public Health di George Washington University, Dr. Amanda Castel.

"Kamu dapat lebih mengontrol situasi dalam perjalanan menggunakan mobil, jika kamu berhati-hati, kamu akan lebih sedikit berinteraksi dengan orang-orang dibandingkan jika kamu pergi ke bandara atau di dalam pesawat," kata Castel.

Namun traveler tak boleh lengah dengan virus Corona. Traveler harus tetap siaga satu saat traveling di kala pandemi ini.

"Jangan hanya karena kamu pergi liburan, jangan biarkan kamu lengah dan berpikir COVID-19 juga sedang liburan, karena faktanya tidak," kata spesialis penyakit menular dan profesor farmasi di Pusat Medis Wexner Ohio State University, Dr. Debbie Goff.

1. Mencari informasi tentang destinasi tujuan

Hal pertama yang wajib traveler lakukan adalah mencari informasi mengenai kondisi Corona di destinasi tujuan. Salah satunya memastikan status daerah tersebut tergolong zona merah atau zona hijau.

Setelah itu pastikan traveler telah memesan akomodasi yang tepat. Saat ini hotel telah dilengkapi protokol kesehatan. Jadi pastikan traveler memilih hunian yang punya sistem pencegahan penyebaran Corona.

2. Bawalah perlengkapan pencegahan Corona

Sebelum berangkat liburan, traveler juga wajib menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Corona. Barang tersebut adalah masker, face shield, hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering, dan sarung tangan sekali pakai.

3. Hati-hati menggunakan toilet umum

Dalam perjalanan menggunakan mobil, ada kalanya traveler harus menggunakan toilet umum. Penelitian terbaru menyebut bahwa virus Corona juga dapat menyebar saat kita menyiram air di kloset.

Oleh sebab itu penting untuk tetap mengenakan masker selama di toilet umum dan menjaga jarak dengan orang lain. Traveler juga sebaiknya menghabiskan waktu kurang dari 10 menit di toilet dan tak perlu terlalu banyak menyentuh benda di sana.

Setelah menggunakan toilet, segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Studi juga mengungkapkan lebih baik traveler mengeringkan tangan menggunakan tisu lalu dibuang daripada lewat alat pengering otomatis.

4. Gunakan cashless di SPBU

Sebelum mulai traveling dengan mobil, pastikan bahan bakar mobil traveler terisi penuh. Namun tak jarang dalam perjalanan jauh, traveler harus kembali mengisinya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

SPBU merupakan tempat terjadinya interaksi traveler dengan banyak orang, termasuk pegawai SPBU. Ketika hendak mengisi bahan bakar tetaplah mengenakan masker dan usahakan untuk membayar dengan cashless. Apabila traveler membayar dengan uang cash, segeralah mencuci tangan atau membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

5. Bawa bekal makanan

Perjalanan panjang pasti membuat perut keroncongan. Di kala pandemi Corona, lebih baik traveler membawa bekal dari rumah yang lebih terjamin kebersihannya.

Namun apabila traveler tak sempat melakukannya, ilmuwan menyarankan agar traveler membungkus makanan dari restoran alih-alih makan di tempat. Ketika turun dari mobil tetap kenakan masker, bayar dengan cashless, dan mencuci tangan setelah berinteraksi dengan pegawai restoran.

6. Buka kaca mobil

Ketika traveling dengan mobil, traveler dapat sesekali membuka kaca mobil agar udara segar dapat mengalir. Membuka kaca ini tentunya dapat dilakukan jika kondisi lingkungan jalannya asri ya traveler, jangan sampai traveler justru terpapar polusi ketika membuka kaca di perkotaan.

7. Tetap jaga jarak di hotel

Traveler sebaiknya telah menghubungi pihak hotel sesaat sebelum sampai. Ini berguna agar pihak hotel telah menyiapkan kebutuhan check-in dan traveler tak menghabiskan waktu terlalu lama berinteraksi dengan resepsionis.

Sebaiknya traveler juga menghindari menggunakan fasilitas umum seperti gym atau kolam renang. Pertimbangkan pula durasi menginap traveler sebab sejumlah hotel tidak melakukan layanan kamar tanpa diminta oleh tamu.

8. Bepergianlah bersama keluarga

Penting untuk diingat selama pandemi Corona, sebaiknya traveler melakukan perjalanan bersama keluarga atau orang yang tinggal serumah. Sebab bila perjalanan dilakukan dengan teman atau rekan kerja dengan riwayat kesehatan dan pencegahan Corona berbeda-beda, itu akan meningkatkan potensi penularan Corona.



Sumber : DetikTravel

Tidak ada komentar