banner

ads header

Terbaru

Tips Aman Wisata Ke Tempat Hiburan


Sejumlah daerah di Indonesia telah membuka kembali sektor pariwisata mereka. Dari berbagai destinasi wisata, taman hiburan menjadi salah satu pilihan traveler untuk kembali menjajal wahana bersama keluarga, sahabat, dan pasangan.

1. Beli tiket online

Nah beberapa tempat wisata seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta sudah menerapkan sistem pembelian tiket secara online. Dengan membeli tiket online, traveler telah melakukan reservasi dan menerapkan cashless untuk menghindari kontak berlebih.

Sistem reservasi online ini juga berguna untuk menjamin traveler dapat masuk ke tempat wisata karena pada masa pandemi ini, kapasitas taman hiburan telah dikurangi. Keuntungan lain membeli tiket online adalah traveler dapat memanfaatkan diskon yang diberikan taman hiburan tertentu.

2. Perhatikan syarat pengunjung yang boleh masuk

Tentunya di masa pandemi Corona, ada aturan-aturan tertentu yang diberlakukan di taman hiburan. Salah satunya mengenai kriteria pengunjung yang boleh masuk, seperti batas usia dan asal daerah.

Misalnya di Jakarta, pengunjung balita dan ibu hamil dilarang untuk masuk ke tempat wisata. Selain itu, setiap pengunjung juga wajib dicek suhu tubuhnya. Bila di atas 37,5 derajat celcius akan dilarang masuk.

Di beberapa tempat wisata, pengunjung juga dibatasi berdasarkan domisilinya yang tercantum pada KTP. Jadi, pastikan traveler mencari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan berlibur di taman hiburan.

3. Memakai masker

Masker wajib digunakan ketika traveler beraktivitas di luar rumah. Ini berfungsi agar traveler tak terpapar virus Corona dan bila traveler sedang batuk atau flu juga tak menulari orang lain.

4. Rajin cuci tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu langkah pencegahan Corona. Saat ini taman hiburan sudah dilengkapi dengan wastafel dan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Sering-seringlah mencuci tangan setelah memegang sesuatu, sebelum memasukkan sesuatu ke dalam mulut, memegang hidung, atau wajah. Ikuti petunjuk mencuci tangan yang benar selama 20 detik sesuai dengan anjuran WHO.

5. Menjaga jarak

Tips yang satu ini juga penting untuk diikuti di taman hiburan karena dengan menjaga minimal satu meter satu sama lain dapat mencegah penularan Corona.

Traveler juga harus menghindari orang yang batuk-batuk dan bersin-bersin. Selain itu penting untuk tak menghabiskan waktu terlalu lama dengan orang lain dalam jarak dekat.

6. Membawa bekal dan alat makan sendiri

Saat wisata di taman hiburan, traveler dapat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah untuk menjaga kebersihannya. Jika traveler ingin membeli makan di taman hiburan, pastikan pula pedagang menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, traveler juga dapat membawa alat makan seperti sendok dan garpu sendiri. Langkah ini dapat menghindari penggunaan alat makan yang bergantian dengan pengunjung lainnya.

7. Ikuti protokol kesehatan di setiap wahana

Wahana permainan di taman hiburan tentunya punya peraturan tersendiri yang wajib ditaati. Misalnya pembatasan kapasitas sampai larangan tak boleh berteriak seperti yang dilakukan di Jepang.



Sumber : DetikTravel

Tidak ada komentar